Apa Saja E-Commerce B2B Marketplace di Indonesia?

Apa Saja E-Commerce B2B Marketplace di Indonesia?

Poolapack GB marketplace

Saat ini masyarakat sangat dimudahkan dengan kemajuan teknologi yang setiap harinya semakin pesat bertumbuh. Salah satunya adalah kemajuan internet yang membuka kesempatan luas bagi para pelaku usaha atau bisnis dengan menghadirkan sistem penjualan secara online, yaitu E-Commerce B2B Marketplace. Bisnis E-Commerce B2B Marketplace hadir sebagai alternatif pilihan belanja secara online yang sangat mudah dan nyaman tanpa harus mengeluarkan tenaga dan waktu yang banyak.

Marketplace Business to Business atau yang lebih dikenal dengan B2B merupakan jenis usaha yang tertuju pada model transaksi, komunikasi dan interaksi antara dua atau lebih perusahaan. Singkatnya model usaha ini menjual produk dan layanannya kepada perusahaan lain.

Perkembangan jenis usaha ini terbilang sangat sukses. Bahkan menjadi salah satu favorit yang digunakan oleh negara-negara besar di dunia. Di Korea , jenis usaha B2B berhasil meraih 91% dari total seluruh penjualan E-Commerce Marketplace. Bahkan China dan Amerika Serikat, Marketplace B2B mencatat angka transaksi hampir tiga kali lebih besar dibandingkan B2C.

Lalu bagaimana di Indonesia? Dikutip dari laporan ElgenRe, market size B2B Marketplace di Indonesia diprediksi mencapai US$ 21,3 miliar pada tahun 2023 mendatang. Ini juga ditandai dengan meningkatnya jumlah perusahaan yang mulai melirik bisnis jenis ini. Meskipun disadari, di Indonesia sendiri untuk jenis E-Commerce yang sangat populer dikalangan masyarakat adalah B2C.

Berikut beberapa contoh B2B Marketplace di Indonesia:

 

Poolapack

Poolapack merupakan perusahaan startup B2B Marketplace asal Indonesia dan “satu-satunya marketplace yang menghubungkan para produsen/pabrik skala besar dengan para pelaku usaha secara online.” Didirikan pada tahun 2021 oleh Darius B. Jaya dengan tujuan mempertemukan pabrik dengan para pelaku usaha secara online dengan jangkauan yang luas dan mengedepankan alur transaksi yang lebih mudah, serta memecahkan masalah ketidaksesuaian MOQ (Minimum Order Quantity) pabrik yang tinggi dengan permintaan pembeli skala kecil yang relatif rendah. Poolapack juga berupaya untuk menciptakan ekosistem bisnis di semua skala yang “mudah untuk memulai dan nyaman untuk berkembang,” dengan turut berpartisipasi dalam perkembangan teknologi dan tujuan nasional Indonesia melalui peran sebagai mediator dan fasilitator digital bagi ribuan usaha di luar Pulau Jawa dan Sumatera.

Ralali

Ralali didirikan pada tahun 2013 oleh Joseph Aditya dibawah naungan PT Raksasa Laju Lintang. Hadir untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk memasok dan membeli barang kebutuhan yang diinginkan. Uniknya Ralali memiliki sebuah kode RFQ yang berfungsi untuk membeli produk yang tidak tersedia pada situs layanan Ralali. Saat ini Ralali memiliki beberapa kantor operasional, seperti Kembangan, Serpong, Glodok, dan lainnya.

Bizzy

Bizzy merupakan bisnis e-commerce yang hadir untuk membantu perusahaan dari seluruh tingkatan guna memperoleh suplai produk ataupun jasa secara mudah. Tidaklah berbeda dengan lainnya, namun saat ini Bizzy pun telah menyandang sebagai perusahaan holding dengan kepemilikan berbagai aset pendukung dan anak perusahaan. Bizzy sendiri telah hadir sebagai salah satu B2B Marketplace di Indonesia sejak tahun 2015, dengan menawarkan berbagai produk procurement.

Mbiz

Mbiz merupakan perusahaan B2B asal Indonesia yang menawarkan berbagai solusi e-procurement guna membantu pengadaan barang dan jasa bagi institusi, perusahaan bahkan pemerintah. Dengan menghadirkan e-procurement yang teringrator, ekosistem Mbizmarket memiliki ribuan penjual dan lebih dari 200.000 produk yang dapat dipilih oleh para pembeli. Bahkan saat ini Mbiz saat ini telah meluncurkan fitur layanan pinjaman digital B2B marketplace terintegrasi pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan Investree.

AXIQoe

AXIQoe merupakan e-commerce yang menyediakan perlengkapan dan kebutuhan kantor secara besar. B2B e-commerce dari PT. Astragraphia Xprins Indonesia ini telah hadir sejak tahun 2015, di mana tidak hanya bergerak dalam bidang e-commerce marketplace saja, namun juga memiliki media pemasaran indirect channel.

Meskipun begitu, E-Commerce Marketplace di Indonesia pastinya masih banyak dan beragam lagi bidangnya, seperti Indo Trading, Electronic City, Monotaro dan lain-lain.

Dari beberapa contoh E-Commerce B2B Marketplace di Indonesia tersebut, Poolapack menjadi salah satu perusahaan baru yang sangat signifikan pertumbuhannya apalagi ditambah dengan visi memberdayakan UMKM melalui digitalisasi ekonomi. Dengan pelayanan saat ini untuk fokus memenuhi kebutuhan tekstil dan akan terus berkembang dan merambah ke bidang dan lainnya. Poolapack berdiri sebagai penghubung antara pembeli dan produsen skala besar secara praktis, mudah, nyaman dan aman. Serta yang menjadi keunikan, Poolapack menghadirkan “Ekosistem Group Buying,” yang mana memungkinkan para pembeli dapat membeli suatu barang secara bersamaan dan menekan harga menjadi lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *