Denim, Jenis Kain yang Tak Pernah Lekang Oleh Waktu

Denim, Jenis Kain yang Tak Pernah Lekang Oleh Waktu

Poolapack

Saat ini fashion bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder melainkan menjadi kebutuhan primer bagi kita. Masyarakat di belahan dunia manapun pasti ingin tampil modis dan trendy. Maka, trend fashion dari zaman ke zaman semakin berkembang dan beragam. Tentunya hal itu juga terjadi pada trend fashion dari bahan denim, karena denim sampai saat ini menjadi fenomena fashion yang tidak pernah lekang oleh waktu. Jenis kain ini tentunya sudah sangat populer dikalangan para pelaku usaha. Namun, sering kali orang menyebutkan jeans dan denim itu sama tetapi pada kenyataannya antara jeans dan denim adalah dua hal yang berbeda. Denim sendiri adalah bahan yang akan digunakan dalam pembuatan celana jeans sedangkan jeans merupakan produk celana yang terbuat dari bahan denim tersebut.

Denim pertama kali digunakan sebagai celana oleh pelaut dan penambang emas karena karakter bahannya yang kuat, tahan lama dan tidak mudah sobek. Denim sendiri berasal dari kata Serge de Nimes yang disingkat menjadi de nimes atau sekarang lebih dikenal dengan denim. Bahan Denim terbuat dari material kain yang kuat dari bahan cotton twill, permukaannya mirip seperti karpet tetapi lebih tipis dan halus. Pada awalnya denim hanya memiliki satu warna saja yaitu indigo, namun seiring berjalannya waktu warna denim menjadi sangat bervariatif.

Ada beberapa jenis kain denim yang perlu pembeli (Pooler) ketahui, yaitu:

 

1. Dry Denim atau Raw Denim

Dry denim atau raw denim merupakan jenis kain yang tidak melalui proses pencucian terlebih dahulu sebelum proses pewarnaannya. Oleh karena itu, jenis kain ini disebut juga dengan jenis kain denim kering karena bahan yang masih mentah dan tidak melalui proses apapun sehingga jenis kain ini cenderung kaku.

2. Prewash Denim

Jenis kain ini melewati proses pencucian terlebih dahulu sebelum masuk proses pewarnaan kain jeans. Jenis kain ini memiliki sifat kain yang lebih lentur dibandingkan kain jenis dry denim.

3. Black Coated Denim

Black coated denim atau waxed denim merupakan kain jeans yang mengandung bahan acrylic. Bahan acrylic tersebut berguna untuk mengawetkan jeans agar lebih tahan lama dalam pemakaiannya.

4. Selvage atau Selvedge Denim

Selvage atau selvedge denim merupakan jenis kain yang tergolong jenis unggul dibandingkan dengan kain denim lainnya. Mengapa? Karena, jenis kain ini memang didesain lebih lembut dan ringan, hasil tenunan dan jahitan lebih rapat sehingga hasil jahitannya juga rapi.

5. Stretch Denim

Stretch denim merupakan salah satu jenis kain yang cukup terkenal di pasaran. Stretch denim adalah jenis kain yang dibuat menggunakan gabungan dari komponen elastis atau elastane fiber dan cotton. Jenis kain ini juga sering dijadikan sebagai bahan celana jeans karena sifat kain yang cukup lentur sehingga memberikan efek peregangan yang pas pada tubuh.

6. Poly Denim

Poly denim masuk ke dalam jenis kain denim yang dalam pembuatannya dicampur dengan serat polyester sehingga kain denim yang dihasilkan menjadi lebih ringan dan mudah kering saat dijemur.

Dari jenis-jenis kain denim diatas dapat diolah dan dimanfaatkan untuk menjadi produk yang menarik dan berkualitas seperti celana, rompi, tas, karpet, dompet, topi, kemeja hingga sepatu dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan sisa-sisa dari bahan yang dipakai bisa dimanfaatkan menjadi produk aksesoris seperti bando, sabuk, anting cantik, jepit rambut dan sebagainya.

Untuk menunjang kreativitas dan inovasi pembeli ataupun para pelaku usaha (Pooler), Poolapack — B2B Marketplace siap membantu. Bagaimana caranya? Poolapack hadir sebagai B2B Marketplace yang menyediakan berbagai jenis kain langsung dari pabrik dengan harga pabrik. Ribet? Oh tentu tidak, cukup dengan membuka website Poolapack, kemudian pembeli mendaftarkan diri sebagai Pooler. Setelah itu, Pooler dapat mencari barang apa saja yang diinginkan selanjutnya tinggal klik “Beli Sekarang” maka Pooler dapat membeli secara online tanpa perlu datang ke pabrik langsung, selain itu Pooler juga dapat membeli sampel kain terlebih dahulu untuk memastikan kualitas barang. Tenang saja, Poolapack memberikan sistem transaksi atau pembayaran yang aman dan transparan. Tentunya mudah bukan? Yuk, daftarkan diri sebagai Pooler dan rasakan kemudahan membeli bahan baku dari pabrik dengan harga pabrik sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *