Industri 4.0: Benarkah Robot Akan Menggantikan Manusia

Industri 4.0: Benarkah Robot Akan Menggantikan Manusia

industri 4.0

Poolapack – Industri 4.0 menjadi sesuatu yang tak terelakan bagi semua industri, tak terkecuali industri tekstil dan produk tekstil (TPT). Adanya gelombang digitalisasi ini semakin memudahkan para pengusaha tekstil untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Banyak dampak masif yang ditimbulkan dari adanya digitalisasi industri ini, yaitu munculnya produk yang beragam, inovasi baru dan bisnis yang berubah.

Sektor industri merupakan sektor yang memunculkan persaingan ketat lantaran industri ini tidak tergerus adanya waktu. Termasuk industri tekstil yang akan terus berkembang dan kian inovatif, sehingga akan memunculkan pemain baru dengan persaingan yang lebih kompetitif. Adanya manfaat digitalisasi ini akan memunculkan manfaat berupa tidak adanya perantara, menjadi lebih efisien, transparan dan juga harga lebih murah.

Digitalisasi semakin dibutuhkan lantaran persentase masyarakat Indonesia yang menggunakan internet juga semakin meningkat, menurut laporan yang dirilis oleh internetworldstats, pengguna internet Indonesia mencapai 212,35 juta pengguna pada bulan Maret 2021. Dari segi preferensi, masyarakat Indonesia juga beralih dari belanja secara langsung menjadi belanja secara online. Pandemi Covid-19 yang melanda juga mengakibatkan meningkatnya masyarakat untuk belanja online. Survei yang dilakukan oleh Marketing  in the Era of Mobile menyebut bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap masyarakat yang berbelanja saat pandemi, tidak hanya peningkatan lebih banyak berbelanja secara online, akan tetapi juga membeli lebih banyak kategori.

Poolapack menjadi satu-satunya Group Buying Marketplace yang menawarkan transformasi digital melalui penggunaan fitur-fitur teknologi untuk memasuki era industri 4.0. Dengan adanya konsep marketplace ini para pengusaha tekstil bisa memotong rantai pasokan saat membeli produk-produk tekstilnya di Poolapack. Para pengusaha tak perlu bingung untuk menghubungi puluhan pemasok untuk mendapatkan suatu barang, hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan mengunjungi katalog yang tersedia di Poolapack.

Poolapack membantu untuk mempertemukan pembeli (Pooler) dan penjual (Packer) agar lebih familiar dengan konsep industri 4.0. Dengan membeli barang melalui Poolapack, proses pembelian bisa dilakukan dengan cepat dan hemat, kondisi ini akan sangat menguntungkan karena biasanya, proses ini memakan waktu berhari-hari bahkan hitungan minggu dengan cara yang konvensional.

Oleh karenanya, jangan pernah takut dengan teknologi untuk menggantikan peran manusia, karena sejatinya manusia sendirilah yang menciptakan teknologi, jadi biarkan teknologi berperan membantu aktivitas manusia dalam mengambil keputusan agar lebih efisien dan produktif. Karena cepat atau lambat industri lah yang harus beradaptasi dengan teknologi untuk tetap bertahan dan adaptif terhadap perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *