Darius: Tanamkanlah Entrepreneurship Sebagai Sebuah Mindset

Poolapack GB marketplace

Darius: Tanamkanlah Entrepreneurship Sebagai Sebuah Mindset

Bandung (08/12) – CEO & Founder Poolapack Darius B. Jaya, memberikan pemaparan mengenai entrepreneurship dan proses untuk menjadi seorang entrepreneur yang hebat. Hal tersebut disampaikan dalam agenda Literate on Education 2.0 yang diadakan oleh KMB (Keluarga Mahasiswa Banten) Bandung pada Selasa, 07/12/2021. 

 

Alumni University of Minnesota ini mengawali seminar dengan menampilkan hasil survey terkait alasan ketertarikan peserta Literate on Education 2.0 terhadap entrepreneurship. 

 

“Berdasar hasil survey yang telah tim saya bagikan ke kalian sebelumnya menunjukkan kalau kebebasan waktu menduduki posisi teratas. Dilanjutkan dengan alasan kebebasan finansial, aktualisasi diri dan lainnya. Pada dasarnya semua jawaban benar, namun bagi saya aktualisasi diri merupakan hal utama jika ingin terjun dalam dunia entrepreneurship”, ujar Darius. 

 

Lanjut Darius yang juga merupakan pengusaha tekstil, aktualisasi diri hadir karena adanya sebuah passion. Passion tersebutlah yang seharusnya dijadikan fondasi untuk memulai sekaligus menguatkan diri sendiri dikala berada dalam titik jatuh dan bangun dalam merintis usaha. 

 

Lalu unsur yang tak kalah penting dalam membangun usaha juga ditambahkan Darius yaitu dari segi persiapan, skill dan aksi seperti apa yang patut dimiliki oleh mereka yang hendak memulai sebagai seorang entrepreneur. 

 

“Hal pertama dan terpenting adalah memahami entry barrier bidang usaha  yang akan ditekuni. Mampu menampilkan sebuah keunikan atau ciri khas dari usaha yang hendak dimiliki akan lebih bagus agar mampu membedakan dengan para pesaing atau kompetitor di lapangan”, kata Darius. 

 

Sambung CEO Poolapack ini, untuk skill sendiri, seorang entrepreneur harus menguasai seluruh aspek agar mampu mengelola berbagai hal pendukung usaha yang dimiliki. Sedangkan dalam hal eksekusi atau tindakan memulai usaha, maka kesiapan mentalitas, modal dan waktu menjadi tiga pionir utama dalam mensukseskan usaha tersebut. 

 

Dan di akhir sesi, Darius menyampaikan beberapa pesan kepada para peserta yang hendak terjun dalam dunia usaha. 

 

“Untuk para peserta, dalam dunia usaha silahkan tanamkan bahwa entrepreneurship merupakan sebuah mindset, bukanlah pekerjaan, sehingga kalian mampu memberikan berbagai hal secara totalitas,” ucap Darius. 

 

Sambung Darius, kedua, dalam entrepreneurship apabila kita terjun semakin dalam, maka hal-hal yang terlihat adalah abu-abu, bukan hitam-putih, di mana kita dituntut untuk dapat melihat apakah itu sebuah peluang, ancaman atau lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *