Memasuki Bulan Ramadhan 2024, Penjual Pakaian Curhat Sepi Orderan

Memasuki Bulan Ramadhan 2024, Penjual Pakaian Curhat Sepi Orderan

Memasuki bulan Ramadhan 2024, menjadi kesempatan bagi setiap pengusaha yang bermain dalam industri tekstil untuk meningkatkan penjualan. Walaupun bulan Ramadhan tidak menjanjikan kenaikan penjualan yang signifikan, namun kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh setiap pengusaha.

Berbeda dengan bulan Ramadhan, bulan sebelumnya saat musim Pemilu 2024 memang menciptakan kesempatan emas bagi setiap sektor usaha untuk meningkatkan penjualan. Walaupun begitu, bulan Ramadhan masih menjanjikan peningkatan penjualan bagi para pengusaha, termasuk dalam sektor tekstil atau pakaian.

Biasanya masyarakat akan berbondong-bondong membeli baju baru, atau yang bisa disebut baju lebaran pada saat mendekati waktu lebaran. Namun banyak juga yang sudah membeli baju lebaran jauh-jauh hari sebelum mendekati masa lebaran. Melihat hal tersebut, artinya masih ada kesempatan untuk semua pengusaha dalam meningkatkan penjualan mereka, termasuk dalam sektor industri tekstil pakaian dan sebagainya.

Namun menjelang datangnya bulan Ramadhan 2024, salah satu toko busana pakaian yang berada di Jl. Gempol Sari, Bandung, mengeluhkan terhadap transisi musim Pemilu 2024 hingga masuknya bulan Ramadhan pada penjualan tokonya. Pak Rizal, salah satu pegawai dari toko tersebut merasa awal tahun ini cukup buruk penjualannya.

“Masuk bulan Ramadhan justru tidak menjamin apa-apa untuk penjualan sih, karena kemarin musim Pemilu juga tidak meningkatkan penjualan apa apa, ya intinya sepi orderan” ujar Pak Rizal (9/3/2024).

Berdasarkan pengalamannya, musim Pemilu 2024 dan bulan Ramadhan tidak menjanjikan apa apa terhadap peningkatan penjualan toko nya. Hal tersebut mengartikan tidak sepenuhnya momen spesial akan menciptakan peluang untuk meningkatkan penjualan. 

“Transisi dari awal tahun hingga nanti masuk bulan Ramadhan juga tidak menghasilkan banyak peningkatan. Ada sih naik sekitar 20 persen, namun jauh dari harapan” ujar Pak Rizal (9/3/2024).

Melihat hal tersebut, momen spesial yang tercipta dari bulan-bulan tertentu tidak menjamin adanya peningkatkan penjualan, terutama dalam usaha tekstil dan pakaian. Namun, hal ini tidak mengartikan bahwa momen bulan spesial tertentu memang tidak menguntungkan.

Para pengusaha juga harus melakukan segala cara dalam meningkatkan penjualannya, termasuk menggunakan online marketplace dalam membantu penjualan. Online marketplace memang tidak memiliki parameter apakah menjadi jawaban dari turunnya penjualan usaha, ataupun sebaliknya. Namun tidak dipungkiri dengan berkembangnya jaman, menjadikan platform online ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh setiap orang.

Ikut menjawab tantangan tersebut, Poolapack hadir sebagai online marketplace modern yang sigap membantu para pengusaha meningkatkan penjualan mereka. Poolapack adalah Group Buying online marketplace yang berfokus dalam industri tekstil, dan tercipta untuk membantu setiap orang mendapatkan jenis kain terbaik dengan cepat, mudah, dan modern. 

Poolapack juga menggunakan sistem tiered pricing dimana harga kain bisa semakin murah tergantung dari jumlah kuantitas pembelian. Sesuai dengan taglinenya, #DariPabrikHargaPabrik, Poolapack menjanjikan kualitas kain seperti pada pabrik, dengan harga yang cenderung murah dengan minimum order yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *