Cuaca Panas, Jangan Salah Pilih Jenis Kain!

Cuaca Panas, Jangan Salah Pilih Jenis Kain!

Dalam memilih sebuah jenis pakaian seperti kemeja, celana, sweater, kita harus memperhatikan bagaimana pemilihan gramasi dari jenis pakaian tersebut. Gramasi adalah ukuran berat kain yang dihitung dari benangnya, dimana biasanya perhitungan gramasi atau GSM merupakan singkatan dari gram per meter persegi (g/m2). Pengetahuan mengenai gramasi ini cukup penting dalam menentukan ketebalan dari pakaian itu sendiri. Hal ini dikarenakan gramasi yang semakin tinggi, semakin tebal juga kainnya. Sebaliknya, semakin rendah gramasi, semakin tipis juga kainnya dan bobotnya.

Perbedaan gramasi yang tinggi dan rendah ini juga akan menentukan bagaimana kualitas dari panas atau dinginnya pakaian yang digunakan. Hal ini juga ditentukan dari jenis kain yang digunakan seperti cotton atau polyester. Kain cotton cenderung memiliki jenis kain yang lembut dan mudah menyerap keringat, serta memiliki bahan yang adem dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Berbeda dengan cotton, keunggulan polyester terletak pada bahan kain yang lebih murah dari bahan yang lain, serta memiliki kualitas yang lebih tahan lama.

Musim tropis di Indonesia yang cenderung memiliki cuaca yang panas, membuat setiap orang harus memperhatikan jenis dari kain yang digunakan dalam penggunaan sehari-hari. Hal ini dikarenakan penggunaan gramasi yang cukup tinggi dengan bahan yang tebal akan memberikan dampak panas terhadap tubuh. Maka dari itu, setiap orang harus memiliki pengetahuan terhadap pakaian yang digunakan.

Namun biasanya setiap orang tidak terlalu memperdulikan bahan dan jenis kain yang mereka gunakan sehari-hari. Sering kali desain suatu barang menjadi daya tarik utama orang-orang untuk membeli barang tersebut, daripada harus memperhatikan bahan kain yang digunakan. Sehingga para pengusaha pakaian juga harus menjelaskan kepada calon pembeli atas kain yang dipakai dalam barang tertentu terhadap tipe dan jenis kain yang digunakan.

Menggunakan bahan kain yang berkualitas dalam produksi juga memiliki standar harga yang cukup tinggi. Hal ini membuat permasalahan bagi pengusaha pakaian dalam menggunakan bahan berkualitas, namun terkendala di harga yang cukup tinggi. Tidak jarang, banyak pengusaha yang kadang “nakal” menjelaskan penggunaan bahan kain. Banyak pengusaha yang menjual sweater dengan label bahan cotton, namun ternyata bahan yang digunakan merupakan polyester. Hal ini tentunya merugikan calon pembeli yang tidak mengetahui jenis dan barang kain.

Maka dari itu, para pengusaha pakaian perlu mencari jalan keluar dalam mencari jenis dan bahan kain berkualitas dengan harga yang murah, demi mempertahankan produksi mereka agar tidak jatuh. Penggunaan online marketplace juga harus digunakan demi membantu dalam mencari kain-kain berkualitas. Terlebih saat ini sudah ada online marketplace atau e-commerce yang berfokus dalam penjualan kain dengan sistem Business to Business.

Poolapack merupakan e-commerce tersebut yang bermain di ranah industri tekstil dengan upaya menjembatani antara industri tekstil dengan para pengusaha. Dengan sistem Group Buying dan Tiered Pricing, para pengusaha dapat membeli kain dengan harga yang murah seperti dari pabrik, sesuai dengan tagline Poolapack yaitu #DariPabrikHargaPabrik. Menciptakan penghubung antara industri dengan end user, Poolapack memberikan kemudahan bagi para pengusaha untuk mempertahankan produksi pakaian dan memberikan kemudahan bagi orang yang mau memulai bisnis dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *