Efektivitas Online Marketplace dalam Berwirausaha

Efektivitas Online Marketplace dalam Berwirausaha

Seiring bekembangnya zaman ke arah yang lebih modern, menciptakan banyaknya tantangan dan kemudahan dalam segala aktivitas setiap individu maupun kelompok. Hal ini juga berdampak terhadap aktivitas jual-beli dalam ranah yang kecil sekelas UMKM dan ranah yang besar sekelas industri. Maka dari itu, kehadiran Online Marketplace menjadi salah satu jawaban dalam menciptakan sistem yang positif dalam menjawab tantangan aktivitas jual-beli.

Online marketplace atau yang biasa disebut e-commerce adalah sebuah platform digital yang mempertemukan penjual dengan calon pembeli secara online. Platform ini menciptakan arus jual-beli lebih cepat dilakukan. Sebelum adanya platform e-commerce ini, proses jual beli dilakukan dengan cara tradisional yang membutuhkan waktu lebih lama dalam proses awal hingga penerimaan barang. Namun, dengan adanya platform tersebut, pembeli tinggal menunggu barang yang mereka beli dirumah tanpa harus cemas dalam memperhitungkan proses pengiriman.

Hal ini menjadikan online marketplace atau e-commerce sebagai salah satu jawaban dalam mentransformasikan proses jual-beli konvensional ke arah yang lebih digital. Namun hingga saat ini, belum ada parameter yang menjelaskan bahwa platform ini memang menguntungkan atau tidak.

Salah satu pengusaha busana di daerah Jl. Dewi Sartika Bandung, Ibu Tira, merasa bahwa dengan adanya online marketplace atau e-commerce memudahkan usahanya dalam berjualan busana pakaian.

“Sebenarnya lebih terbantu, karena biasanya orang datang ke toko lihat lihat tapi belum tentu beli. Kalau pakai e-commerce, cukup taruh harga yang lebih murah sedikit dari harga toko, orang-orang biasanya mau beli” ujar Ibu Tira, sabtu (27/01/2024).

Namun keuntungan yang didapat dari Ibu Tira tidak bisa dijadikan sebagai patokan bahwa online marketplace atau e-commerce memang menguntungkan dalam segi penjualan. Bapak Sigit, salah satu pengusaha konveksi di daerah Kopo, Bandung, merasa prospek online marketplace atau e-commerce memang menjanjikan keuntungan yang besar.

“Orang berjualan di e-commerce itu cenderung jual barang yang murah, dan cenderung bahannya belum tentu berkualitas. Itulah alasan toko offline masih ada sampai sekarang” ucap Bapak Sigit, sabtu (27/01/2024).

Menurutnya, online marketplace atau e-commerce belum memiliki parameter keberhasilan dalam membawa perubahan proses jual-beli yang menguntungkan. Maka dari itu banyak sekali toko yang redup karena terbiasa bergantung dalam mengandalkan proses yang terlalu mudah. Akan tetapi, Bapak sigit juga merasa bahwa kedepannya platform ini akan menjadi arah patokan pasar domestik dan juga internasional

“Untuk konveksi saya, memang juga akan mengarah ke ranah online marketplace, karena dalam jangka panjang mungkin platform ini akan menguntungkan bagi usaha konveksi saya” ucap Bapak Sigit, sabtu (27/01/2024).

Melihat hal tersebut, online marketplace memang menjanjikan keuntungan dalam proses jual-beli yang lebih cepat. Namun, tidak ada parameter keberhasilan dan keuntungan yang pasti didapat dalam penggunaannya. Selain itu, perkembangan zaman ke arah yang lebih digital juga harus diikuti oleh setiap individu dalam beraktivitas. Namun proses digitalisasi pasar memerlukan penelitian lebih lanjut dalam menentukan apakah platform online marketplace atau e-commerce akan menjadi prospek jangka panjang yang menguntungkan.

Melihat tahun-tahun sebelumnya, sudah banyak e-commerce yang mencoba peruntungan dalam menciptakan platform dalam merangkul pengusaha dalam berjualan. Namun kebanyakan e-commerce yang ada di pasaran itu hanya berfokus pada sistem B2C atau Business to Consumer, dan belum ada e-commerce B2B atau Business to Business yang meyakinkan. Maka dari itu, Poolapack hadir dalam menjawab tantangan B2B dalam online marketplace atau e-commerce tersebut.

Poolapack hadir sebagai satu-satunya online marketplace atau e-commerce yang berfokus dalam sistem B2B, dengan mencoba menghubungkan industri tekstil dengan para pengusaha tekstil seperti konveksi, reseller dan sebagainya. Berfokus dalam bidang industri tekstil, Poolapack menawarkan harga jual kain yang ditawarkan sama dengan harga pabrik, hasil dari bermitra dengan pabrik industri tekstil yang ada dan ternama di Indonesia. Poolapack menjadi sebuah gebrakan dalam permainan industri tekstil, dimana para pengusaha mendapatkan kain dengan cara yang mudah, harga yang murah seperti harga pabrik, dan proses yang cepat karena tinggal menunggu kain datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *