Pabrik Baru, Solusi PHK Massal pada Industri Tekstil

Pabrik Baru, Solusi PHK Massal pada Industri Tekstil

Pabrik baru dinilai sebagai solusi untuk permasalahan PHK massal yang terjadi di Indonesia. Industri tekstil yang pernah menjadi salah satu pilar perekonomian nasional kini menghadapi tantangan berat akibat krisis global. Persaingan ketat dengan produk impor tekstil dan garmen telah menyebabkan banyak pemutusan hubungan kerja (PHK). Di tengah gelombang PHK yang menghantam ribuan pekerja di sektor tekstil, pemerintah berupaya menarik investasi dan membangun pabrik-pabrik baru.

Kementerian Ketenagakerjaan berkomitmen menampung korban PHK di industri tekstil. Kemnaker juga melapotkan adanya komitmen dari perusahaan-perusahaan lokal maupun perusahaan-perusahaan asing untuk mendirikan pabrik tekstil baru di Indonesia. Kehadiran pabrik-pabrik ini diharapkan dapat menyerap kembali tenaga kerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK).

Data pemerintah menunjukkan bahwa sebanyak 42.863 pekerja telah terkena PHK dari Januari hingga Juni 2024. Lebih dari separuh data tersebut berasal dari sektor tekstil, garmen, dan alas kaki. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan bahwa empat pabrik tekstil baru akan dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Salah satu perusahaan global tersebut masuk dalam daftar Fortune 500.

Baca juga: Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia: Ragaman Busana Indonesia

“KEK Kendal memiliki daya tarik tersendiri sebagai pusat industri yang membutuhkan banyak tenaga kerja,” ujar Airlangga.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bahwa pembangunan pabrik-pabrik baru juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk tekstil domestik dibandingkan produk impor.

“Pemerintah mendorong agar pekerja tekstil yang terdampak PHK bisa kembali bekerja di pabrik-pabrik tekstil yang baru,” ujar Ida di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).

Selain dengan meningkatkan produksi tekstil domestik, pemerintah juga berencana memperketat kebijakan seleksi impor produk tekstil dari luar negeri. Kedua langkah ini diyakini mampu mengurangi ketergantungan pada produk impor dan memperkuat daya saing produk lokal

Dalam mendukung penciptaan lapangan kerja di sektor tekstil, Poolapack hadir untuk memajukan industri tekstil Indonesia. Poolapack menawarkan solusi bagi pelaku usaha dengan menyediakan kain langsung dari pabrik dengan harga kompetitif. Bersama Poolapack, memulai usaha menjadi lebih mudah dan berkembang lebih nyaman. #DariPabrikHargaPabrik

Baca juga: Upaya Hadapi Krisis: Harapan Baru di Industri Tekstil Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *