Hari Kebaya Nasional: Inovasi Budaya ditengah Kontroversi

Hari Kebaya Nasional: Inovasi Budaya ditengah Kontroversi

Hari kebaya nasional merupakan momen penting dalam melestarikan budaya berpakaian Indonesia. Berdasarkan Keputusan Presiden No 19 tahun 2023, menyatakan bahwa hari kebaya nasional diperingati pada hari rabu, 24 juli 2024. Pakaian tradisional Indonesia ini tidak hanya menjadi simbol keanggunan dan kecantikan saja, akan tetapi dapat mencerminkan keragaman budaya Indonesia.

Kebaya memiliki sejarah panjang yang menggambarkan perjalanan serta perjuangan budaya Indonesia. Pada masa itu, kebaya terbuat dari bahan-bahan mewah seperti sutra dan dihiasi oleh sulaman yang indah. Seiring waktu, kebaya mengalami berbagai perubahan dan adaptasi. 

Belakangan ini, media sosial seperti TikTok dan X ramai dengan berita tentang model kebaya baru yang menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat. Fesyen “kebaya korean style” digadang sebagai model kebaya modern yang diadaptasi dari popularitasnya drama serta budaya pop korea di Indonesia.

Baca juga: Pajak Impor 200%: Solusi atau Masalah?

Fesyen kebaya korean style lahir dari unsur kebaya tradisional Indonesia dan Korean fashion. Model kebaya ini sangat berbeda dari kebaya tradisional indonesia yang biasanya memiliki desain khas dan pekat akan nilai budaya Indonesia. Model crop top dan bahan yang lebih ringan seperti chiffon ataupun katun menjadi ciri khas dari kebaya ini.

Hal ini menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat. Para pengguna sosial media X berpendapat bahwa kebaya asli Indonesia memiliki tampilan yang lebih cantik dibandingkan kebaya korean style.

“Kok bisa2nya ada kebaya korea? Kebaya crop? Padahal kebaya asli Indonesia aja cantik2 gini” ujar pengguna X

Menurut pengguna X yang lain, budaya kebaya sudah menjadi jati diri bangsa Indonesia. Beliau mempertanyakan maksud dari hadirnya kebaya korean style.

“Kebaya tu jatohnya udah jati diri Indonesia, ko bisa-bisanya ada yang bikin kebaya style Korea? Maksud lu apaan begitu? Aneh banget” ujar pengguna X yang lain.

Inovasi menjadi kunci untuk menjaga relevansi budaya sembari merangkul perkembangan zaman. Poolapack mendukung pelestarian budaya kebaya dengan menyediakan bahan berkualitas yang menghormati nilai tradisional sekaligus inovatif. Dengan demikian, Indonesia bisa melangkah menuju Indonesia Emas 2045, di mana budaya dan inovasi berjalan seiring menuju masa depan yang gemilang.

Baca juga: Sumbangsih Industri Tekstil Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *