Sumbangsih Industri Tekstil Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Sumbangsih Industri Tekstil Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Pemerintah pusat menyerukan Indonesia Emas 2045 sebagai perubahan persona negara Indonesia untuk lebih berdaulat, maju, dan berkelanjutan. Mendukung transformasi ekonomi secara digital, setiap orang memikul tanggung jawab bersama sesuai dengan perannya masing-masing.

Salah satu faktor yang diperjuangkan dalam Indonesia Emas 2045 adalah pembangunan ekonomi. Transformasi ekonomi digital di berbagai sektor industri akan bermanfaat dalam memenuhi visi “Emas” yang diinginkan. Hal ini juga termasuk pada sektor industri tekstil, dimana berdasarkan Portal Informasi Indonesia, sudah menyumbang total pembangunan ekonomi sebesar 18,57% pada tahun 2023.

Industri tekstil menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Sehingga, setiap pemangku kebijakan harus terus mendukung sektor ini untuk lebih berkembang. Salah satunya dengan mengatur ekspor dan impor produk tekstil, agar ‘Emas’ yang didefinisikan menjadi terarah untuk keuntungan masyarakat Indonesia.

Tantangan Industri Tekstil Dalam Pertumbuhan Ekonomi


Melansir data dari Badan Pusat Statistik, indeks pertumbuhan Industri Tekstil Produk Tekstil (TPT) pada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia tahun 2022 mencapai US$12,9 miliar. Sementara tahun 2023 mengalami penurunan sebesar 1,98% menjadi US$12,7 miliar. Namun melansir dari databoks, pertumbuhan tersebut masih kurang jika dibandingkan dengan nilai impor 2023 yang tinggi sebesar 1,96 juta ton atau bernilai US$8,34 miliar.

Menurut Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan, produk impor bekas yang terdiri dari barang pokok termasuk tekstil masih banyak yang masuk ke Indonesia secara Ilegal. Menurutnya, industri tanah air akan terus terganggu dan kalah saing dari produk impor bekas ilegal. Sehingga pada tahun 2023, Kemendag memusnahkan total impor ilegal senilai 12 miliar Rupiah.

Saat ini produk impor ilegal menjadi momok perekonomian Indonesia. Sehingga, semua orang memiliki perannya masing-masing untuk terus mendukung produk dalam negeri. Dengan begitu, Indonesia akan semakin dekat mewujudkan visinya dalam meraih Indonesia Emas 2045.

Transformasi ekonomi digital, peningkatan kualitas hidup, hingga memperkuat diplomasi Indonesia di tingkat global merupakan perwujudan Indonesia Emas 2045. Harapannya Indonesia menjadi salah satu poros kekuatan dunia yang baru, dengan salah satunya mempertahankan semangat industri tekstil. Maka dari itu, setiap orang memiliki perannya masing-masing dalam bersama mewujudkan visi Indonesia ‘Emas’ 2045.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *